Monday 15 February 2016

DIY Banana Pancake!

Nasi uduk, bubur, ketoprak, sama ketupat sayur.
Begitu aja menu sarapan pagi anak kost 'kalau keburu'. Sarapan itu penting banget guys, menurut mata kuliah gizi dan gaya hidup yang Aku kontrak semester 2 kemarin sih gitu. Teorinya, sarapan itu adalah sumber energi pertama yang kita isi kedalam tubuh kita setelah berpuasa semalaman selama tidur.
Untuk mereka (read: saya) yang selalu dalam usaha untuk berdiet dan mengurangi berat badan, sarapan juga sebetulnya penting banget. Dulu Aku sempet mikir, kalau Aku sarapan jadi Aku makan lebih banyak dalam satu hari. Aku ngerasa kalau siang pasti lapar lagi. Jadi Aku gak sarapan.
Ternyata itu salah banget temen-temen.
Masalah diet itu bukan berfokus pada berapa kali kita makan dalam satu hari. Diet itu adalah dimana kita bisa mengatur porsi dan pola makan kita menjadi lebih sehat dan diimbangi olahraga teratur.
Curhat sedikit ya, semester sekarang ini hampir setiap hari Aku masuk jam 7 pagi. Jadi Aku gak akan pernah sempet untuk sarapan. Untuk akalin perut Aku yang kosong, Aku selalu simpan satu kotak susu dikamar. Jadi setiap pagi Aku minum susu aja. Kalau Aku masih ngerasa lapar dan gak punya energi untuk memulai aktivitas, Aku beli 1 buah pisang atau biskuit diwarung. Itu udah bisa dibilang sarapan looooh...
Setelah itu Aku baru makan siang, snack di sore hari dan selesai. Aku gak makan lagi.

Mungkin itu sedikit cerita tentang pola makan Aku sekarang ini. Itu bisa berubah kapan aja sesuai jadwal kuliah Aku. Aku masih makan seblak atau jajanan apapun kok. Intinya nikmatin aja hidup kamu dengan makan apa saja yang kamu suka. Tapi ingat aja porsinya.

Sebelum topiknya lari kemana-mana lagi, yuk mulai bagi resep Banana Pancake-nya!

Bahan :
  • Pisang 3 buah ukuran sedang
  • Secubit baking powder
  • Telur 2 butir
  • 1/4 cup terigu 
  • garam/gula sebagai perasa (Aku gak pakai ini tapi) 
Langkah :
  1. Kocok 2 buah telur dan beri sedikit baking powder. Diamkan beberapa menit.
  2. Selagi menunggu, hancurkan pisang dengan menggunakan sisi belakang garpu atau kamu bisa menggunakan food processor/blender. Jumlah pisang sebetulnya sesuai selera. Tapi karena Aku suka pisang, jadi aku pakai lebih banyak.
  3. Masukan pisang yang telah diproses tadi kedalam kocokan telur.
  4. Masukan juga terigu serba guna sebanyak 1/4 cup atau 60 gram. 
  5. Kocok merata.
  6. Masak dalam pan yang telah diberi minyak/butter. Untuk setiap pancake-nya Aku takar sekitar 1/3 cup atau 80 ml.

Mungkin diantara temen-temen yang udah sering dan jago masak bilang kalo metode Aku ini agak salah. Biasanya pemberian baking powder itu selalu diakhir setelah campurannya jadi. Which is true. Tapi dengan metode yang Aku pakai ini alhamdulillah berhasil kok. Pancake-nya bisa jadi.
Inti dari semuanya adalah practicing and keep experimenting.
Kita sama-sama belajar kok. Dan kesalahan adalah pelajaran paling  berharga yang bikin kita nggak ngelakuinnya lagi.
Seperti yang Aku bilang diresep tadi, kamu bisa tambahin garam, gula ataupun cokelat kedalam campuran bahan pancake kamu. Tapi Aku pribadi lebih suka pancake pisang yang original kayak gini. Rasa manisnya udah aku dapetin dari pisang tadi.
Kalau kamu mau banana pancake yang lebih mantap, kamu bisa tambahin topping diatas pancake yang udah jadi. Bisa cereal, gummy, sirup, selai, cokelat dan masih banyak lagi. Pokoknya ingat ya...
Jangan lupa sarapan.
Much love <3 br="">

No comments:

Post a Comment