Sunday 10 April 2016

Resep Spaghetti Carbonara with Meatball and Broccoli + Thickening Agent (Talk)

Masakan kali ini terinspirasi dari pinterest dan Instagram nih. Banyak banget orang yang ngerepost gambar sosis yang ditusuk sama spaghetti. Jadi waktu direbus, hasilnya lucu deh. Si spaghetti-nya stick ditengah-tengah sosis.
Tadinya Aku juga mau buat persis sama. Tapi saat belaja, Aku tertarik waktu liat bakso. Kayaknya bakal lucu juga nih kalo Aku ganti pake bakso. Yaudah deh akhirnya terbentuklah Spaghetti Carbonara with Meatball and Broccoli.

Ngomong-ngomong soal resep ini, Aku sebelumnya bikin video di YouTube mengenai thickening agent. Dan resep ini merupakan demo dari salah satu thickening agent itu sendiri. Bisa liat videonya dibawah ini nih :

Langsung ke resep Spaghetti Carbonara with Meatball and Broccoli, yang kita butuhkan adalah :
  • Spaghetti
  • Bakso
  • Brokoli
  • Terigu & Margarin/Butter
  • Lada & Garam
  • Susu
Langkah membuat ;
  1. Blanch/rebus sebentar brokoli yang telah dibersihkan. Tujuannya agar tetap segar ketika diolah dengan spaghetti carbonara.
  2. Sementara itu, tusuk bakso yang telah dipotong menjadi 2 dengan stik spaghetti sebanyak yang kamu mau.
  3. Setelah meniriskan brokoli, kita bisa rebus pasta/spaghettinya. Sebelumnya, jangan lupa air rebusan diberi garam untuk seasoning dan minyak supaya tidak lengket.
  4. Setelah pastanya lunak, tiriskan.
  5. Sekarang kita buat roux. Caranya panaskan mentega/butter. Beri tepung terigu sedikit demi sedikit hingga menggumpal dan matang.
  6. Beri susu sedikit demi sedikit. Hingga roux jadi nggak padat lagi.
  7. Masukan brokoli tadi. Aduk.
  8. Masukan spaghetti bakso yang sudah direbus. Aduk.
  9. Beri seasoning berupa garam dan lada hitam bubuk.
  10. Aduk dan sajikan.
Sebenernya simple kan?! ;)
Oh  iya, ada komentar yang masuk di video YouTube-nya nih. Aku seneng banget. Beliau bilang,
"Bukannya carbonara pakai egg yolk ya?!"
Bener banget, carbonara itu basicnya pakai egg yolk. Tapi mungkin diresep kali ini Aku gak masukin egg yolk karena aku takut nanti eggyolknya menggumpal. Intinya saus putih itu masih bisa dibilang carbonara kalau kata Kang Bocun mah.
Atau mungkin kalau ini salah, resep ini hanya inovasi produk yah hahaha.
Semoga resepnya membantu.

Love,
Andriani Mareth

No comments:

Post a Comment