Friday 15 January 2016

DIY Choco Tarlet at Home

Hai semua, di postingan kali ini Aku mau ngeliatin ke kalian gimana cara bikin tarlet. Biasanya tarlet ini disajikan sebagai dessert atau makanan penutup. Tarlet juga biasanya terdiri dari adonan gula, pastry cream dan buah-buahan diatasnya. Tapi dipostingan kali ini Aku sengaja campur adonan gula atau biskuitnya pakai bubuk cokelat. Aku juga sprinkle parutan cokelat diatas pastry creamnya.


Aku punya pengalaman yang memalukan sih sebenernya, makanya Aku penasaran banget untuk coba buat. Jadi waktu itu Aku casual atau bisa disebut kerja sambilan ya, disebuah hotel bintang 4 dikawasan Setiabudhi Bandung. Nah saat itu Aku ditugasin untuk filling pastry cream sama nambahin potongan-potongan buah diatasnya. Waktu istirahat diruang makan, Aku ngobrol sama temen-temen satu kampus aku yang in charge juga tapi beda section. Aku bilang di kitchen pastry aku nge-filling kue keranjang.
Mereka diem sebentar dan langsung ketawa sekeras-kerasnya.
Aku baru ngerti setelah mereka berhenti ketawa. Ternyata bentuk yang mirip keranjang selama ini, namanya bukan kue keranjang. Disana aku malu semalu-malunya. Harga diri turun jatuh kebawah. 
Aku jadi penasaran dan pengen buat sendiri. Akhirnya Aku minta resep sugar dough untuk 'keranjang' nya ke Rifa, teman Aku yang biasa bantuin Aku foto blog. Dan alhumdulillah berhasil! ;)

Ingredients for Sugar Dough :
  • Icing Sugar / Gula Halus 150 gr
  • Butter / Mentega             300 gr
  • Soft Flour / Segitiga         500 gr
  • Telur                                1 butir
  • Choco Powder
Ingredients for Pastry Cream :
  • Susu Segar                       100 ml
  • Tepung Maizena                   8 ml
  • Kuning Telur                     1butir
  • Gula Pasir                           20 gr
Sebetulnya untuk pastry cream, kita bisa bikin lebih banyak lagi. Berat bersih dari bahan-bahan diatas hanya dibuat sebagai perbandingan antara satu bahan dan bahan yang lainnya saja.
Bahan terakhir yang Aku pakai adalah cokelat. Kalian bisa pakai cokelat apa saja. Tapi untuk diparut, Aku lebih suka dark chocolate batangan.

Steps of How to Make Sugar Dough :
  1. Capurkan mentega dan telur, lalu kocok dengan mixer atau tangan kalau kamu cukup kuat untuk itu.
  2. Tambahkan sedikit demi sedikit campuran bahan kering kita, yaitu gula halus dan terigu ke dalam campuran telur dan mentega.
  3. Setelah agak mengeras, Aku memilih untuk melanjutkannya menggunakan tangan Aku. Supaya adonannya tercampur merata dan nggak merusak mixer.
  4. Disini Aku juga nambahin beberapa sendok cokelat bubuk supaya warna dough Aku cantik.
  5. Setelah semua tercampur rata, kita bisa cetak adonannya dicetakan. Ingat, janganterlalu tebal karena adonan kita akan sedikit mengembang nantinya.
  6. Setelah selesai mencetak, kita bisa masukan adonan kita kedalam oven dan tunggu sampai matang. Biasanya adonan ini membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit tergantung ketebalannya.
Steps of How to Make Pastry Cream :
  1. Panaskan susu segar didalam panci, tambahkan gula dan aduk sampai merata.
  2. Tambahkan kuning telur. Namun jangan masukan langsung dulu telur kedalam panci panas, tambahkan dulu sedikit campuran susu dan gula pada kuning telur. Setelah tercampur, baru masukan kedalam panci.
  3. Setelah itu dengan tepung maizena, lakukan hal yang sama seperti apa yang kita lakukan pada kuning telur. hal ini mencegah agar tepung tidak menggumpal.
  4. Aduk rata, matikan api, tunggu hingga dingin dan selesai.
 Step Akhir :
  1. Isi 'keranjang' kita dengan pastry cream yang kita buat.
  2. Aku lebih suka menambahkan parutan cokelat didalamnya sebelum diisi cream.
  3. Setelah terisi cream, taburi lagi parutan cokelat diatasnya.
Akhirnya selesai juga. Ngebikin tarlet ini gak sesusah yang dipikirin kok, asal kita mau coba dan jangan takut gagal. Semoga resep diatas bisa membantu.
Jangan lupa bilang makasih buat Rifaaaaa! :p

No comments:

Post a Comment